ANTV (Andalas televisi) didirikan pada 1 Januari 1993 sebagai stasiun televisi lokal di kota Lampung. Dengan izin siaran lokal, ANTV mengudara
selama lima jam sehari. Kemudian ANTV menjadi stasiun televisi swasta
nasional Indonesia setelah mendapat
izin siaran nasional dari Menteri Penerangan RI dengan No. 207/RTF/K/I/1993
tanggal 30 Januari 1993. Sepuluh hari setelah izin tersebut keluar ANTV dapat
melakukan siaran secara nasional. Studio antv yang semula berada di Lampung dipindahkan ke Jakarta.
Tepat 1
Maret 1993 untuk pertama kalinya ANTV memproduksi program sendiri berupa
liputan berita aktual jalannya Sidang Umum DPR/MPR. Saat itu ANTV berhasil
melakukan siaran langsung meliput jalannya kegiatan penting kenegaraan. Momen
istimewa itu yang dijadikan sebagai hari lahirnya ANTV, kini lebih dari 19
tahun ANTV menemani masyarakat pemirsanya dengan program-program terbaik.
ANTV pada mulanya dikhususkan pada pemirsa remaja (usia 13–25 tahun) dan
pernah menyiarkan acara-acara MTV Indonesia hingga awal tahun 2000-an, tetapi tahun 2002 ANTV berkembang menjadi
stasiun untuk segala usia, sama dengan stasiun televisi yang lain.
ANTV berhasil mencatatkan prestasi gemilang di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penyelenggara konser selama 72 jam yang diselenggarakan
akhir tahun 2003.
ANTV
dimiliki oleh konglomerat muda Anindya Bakrie dan sekarang dikelola oleh Dudi
Hendrakusuma, yang menjadi Presiden Direktur dari PT Cakrawala Andalas Televisi.
Konglomerat media asal Amerika Serikat, Rupert Murdoch, membeli sekitar 20%
saham ANTV pada 30 April 2006 melalui perusahaannya di Hongkong, STAR TV. ANTV
juga pernah bekerjasama dengan stasiun televisi lainnya seperti: Indosiar
(1995-2001), TV7 (2001-2005), dan TVOne (2006-sekarang).
ANTV
memiliki visi yaitu ingin menjadi saluran televisi keluarga
terbaik untuk seluruh keluarga Indonesia. Untuk itu ANTV memberikan
program-program berkualitas terbaik setiap anggota keluarga untuk mendukung
pengembangan karakter Bangsa Indonesia dengan spirit kreatifitas dan inovasi
kekuatan kerjasama tim dan tata kelola perusahaan.
Saat ini ANTV menjadi
stasiun televisi keempat yang memiliki jangkauan siaran terluas di Indonesia,
melalui 32 stasiun pemancar, program-program ANTV dapat disaksikan lebih dari
80% pemirsa televisi Indonesia.
ANTV menghadirkan berbagai program untuk semua
kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Jenis
Programnya pun beragam mulai dari program Anak, Musik, Komedi, Variety Show,
News hingga Olahraga.
Logo ANTV
Mulai September 2009, antv kembali
mengubah logonya dengan kemiripan seperti logo yang lama. Memiliki kotak yang
berbentuk sama dengan logo sebelumnya, namun logo ini didominasi warna merah
dengan bayangan berwarna kuning dan menggunakan huruf "antv".
Pancaran yang tebal dan berwarna merah
menggambarkan kekuatan dan kepercayaan diri antv menuju masa depan yang
gemilang, yang memperlihatkan ANTV dipersembahkan sebagai kebanggaan Indonesia.
Warna putih melambangkan tekad ANTV
menjalankan usaha ini berdasarkan azas ketentuan yang berlaku dilandasi
nilai-nilai kejujuran, ketulusan, serta menjunjung tinggi integritas bangsa.
Warna kuning melambangkan kemakmuran dimana
ANTV berharap akan dapat memberikan kemakmuran kepada seluruh pemangku
kepentingan.
Slogan ANTV
- Makin keren
(2003-2005)
- Makin dekat
makin memikat (2005-2009)
- TV ramah buat
keluarga (2009-2010)
- Berkilau
bersama ANTV (2010-2011)
- Wow Keren
(1993-2003, 2011-sekarang)
Hasil Analisis
Dari hasil analisis selama beberapa hari menonton ANTV,
diperoleh bahwa:
ANTV adalah salah satu stasiun
televisi swasta nasional Indonesia yang cukup banyak ditonton oleh masyarakat
Indonesia. Setelah ANTV berulang tahun pada 1 maret 2013, program-program ANTV
menjadi lebih fresh dan lebih menarik untuk di tonton.
Kebanyakan acara di ANTV adalah
hiburan, sehingga fungsi utama yang menonjol dari ANTV adalah “to entertaint”.
Contohnya PESBUKERS dan Mel’s
Update yang masuk ke nominasi Panasonic Awards, salah satu ajang penghargaan
untuk acara-acara televisi di Indonesia.
Program PESBUKERS merupakan program sketsa yang
dibintangi oleh Olga Syahputra, Jessica Iskandar, Melaney Ricardo, Opie Kumis
serta bintang tamu lainnya. PESBUKERS hadir di layar ANTV setiap hari Senin –
Jumat pukul 18.00 WIB, selalu menghadirkan guyonan segar dan selalu ditunggu
oleh masyarakat. Penggunaan nama program PESBUKERS merupakan plesetan dari
Facebook yaitu program jejaring sosial yang sedang menjadi trend di kalangan
masyarakat. Hal tersebut menjadikan program ini mudah diingat.
Program PESBUKERS menggunakan konsep “Sketsa Reality”
dimana memasukan unsur gosip yang sedang hot kedalam bentuk sketsa, seperti
kisah percintaan Olga dan Jessica yang sangat ditunggu-tunggu oleh para OlJess
Lovers (istilah fans nya Olga dan Jessica), juga kisah tentang masyarakat
Indonesia saat ini baik para tokoh masyarakat atau yang lainnya.
Satu lagi program yang sangat ditunggu adalah Mel’s Update. Mel’s
Update merupakan salah satu program light talkshow di ANTV yang hadir setiap
hari Senin-Rabu pukul 21.30-22.30 WIB. Mel’s Update membahas issue-issue
terkini, baik dari angle beritanya maupun issue terkait, yang dikemas dengan
tema yang menarik dan tetap berhubungan. Program ini dipandu oleh Melaney
Ricardo sebagai host dan Indra Bekti sebagai co host yang sangat cocok sekali
untuk dipasangkan dalam membawakan acara tersebut, sehingga acara tersebut
sangat menghibur ditambah lagi kehadiran Aming sebagai miss kepo dengan memakai
pakaian bermotif macan yang mengintrogasi bintang tamu dengan
pertanyaan-pertanyaan pilihan yang tidak masuk akal tetapi lucu.
Saat ini
jangkauan siaran ANTV sangat luas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, stasiun
pemancarnya semakin bertambah sehingga program-program ANTV dapat disaksikan
oleh seluruh pemirsa televisi Indonesia dengan mudah dan kualitas yang jernih.
Sasaran publik ANTV adalah
seluruh usia baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Acara-acara ANTV
selain untuk hiburan, ada juga untuk kalangan hoby, salah satunya adalah acara
pertandingan sepak bola dalam negeri yang menampilkan grup-grup lokal ISL. Ada
juga untuk kerohanian, salah satu acaranya “hati ke hati bersama mamah dedeh”.
Siklus terbit ANTV adalah 24 jam
setiap harinya untuk memuaskan pemirsa ANTV. Acaranya pun beragam setiap hari,
sehingga tidak heran sekarang ANTV menjadi salah satu stasiun televisi yang
banyak ditonton oleh pemirsa televisi Indonesia.
Sumber:
http://www.an.tv/ (diakses
pada jumat, 22 maret 2013)