Kamis, 17 Oktober 2013

Perbedaan naskah dan skenario

Naskah dan Skenario

a. Naskah

Menurut KBBI, ada empat pengertian naskah, yaitu (1) karangan yang masih ditulis dengan tangan, (2) karangan seseorang yang belum diterbitkan, (3) bahan-bahan berita yang siap untuk diset, dan (4) rancangan (2001:776). Dalam penulisan naskah, isi informasinya adalah cerita. Cerita, tak lain dari hal-hal yang terjadi atau dialami oleh manusia atau kehidupan di alam dan layak untuk diketahui oleh orang lain.
Dalam menulis naskah video, diperhatikan beberapa hal, seperti judul program dan deskripsi adegan. Judul program sebaiknya ditulis di bagian tangah atas kertas den jangan lupa menggunakan huruf kapital. 
Contoh Deskripsi Adegan dalam naskah:
1.       Indikator tempat, yaitu menerangkan lokasi pengambilan gambar di dalam atau di luar ruang. Indikator ini ditulis dengan nomor urut dengan kapital.
Contoh:
 
       DISINILAH DITULIS JUDUL PROGRAM
       01. INTERIOR atau EXTERIOR

        (biasanya disingkat INT atau EXT)


2.        Indikator setting, yaitu menuliskan tempat kejadian dan dituliskan secara singkat dan jelas.
Contoh:
   
       01. INT.-RUANG KELAS
3.        Indikator waktu kejadian, ditulis singkat dalam huruf kapital.
Contoh:

      01. INT.-RUANG KELAS - PAGI 


4.        Instruksi jenis shot / gerakan kamera ditulis dalam huruf kapital.
Contoh:
   
      01. INT.-RUANG KELAS - PAGI
      LS.- PAK GURU DUDUK ADI MEMBERI SALAM KEPADA PAK GURU DARI  KURSINYA.
 
5.        Nama tokoh (kecuali bila termasuk dalam dialog), isyarat musik, sound effect dan instruksi acting semuanya ditulis dalam huruf kapital. Untuk naskah dua kolom, ketiga hal tersebut ditulis dalam kolom audio.


b. Skenario
Skenario ditulis sebagai dasar untuk memproduksi film atau program televisi, baik bersifat faktual (berita, features, atau dokumenter) maupun fiksional (drama, tv-play). Skenario merupakan bentuk tertulis dari gagasan atau ide yang menyangkut penggabungan antara gambar dan suara, dimaksudkan sebagai pedoman dalam pembuatan film, sinetron atau program televisi. Beberapa pakar sinematografi mengemukakan bahwa skenario itu menjadi jiwa dan darah dalam produksi film atau cerita televisi. Dalam skenario, naskah cerita sudah diuraikan berdasarkan urutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog dalam konteks struktur dramatik. 

Contoh Skenario yang merupakan pengembangan dari naskah:
BUKU KE-3
SINETRON SERIAL

“BIAS - BIAS KEHIDUPAN”

CERITA / SKENARIO: A. J. C. C. TEAM
TRADE MARK
FADE OUT
FADE IN
SC. 141
INT – Ruang Tamu Rumah Daniel – PAGI
TALENT: Sofyan + Daniel + Ana + Ratih
Pintu terbuka Daniel dan Ana sambil memapah pak Sofyan yang sudah siuman masuk ke dalam rumah, nampak pak Sofyan sudah dapat berjalan walau masih terhuyung-huyung, pak Sofyan sesekali memegang tengkuknya.
Ana        :      Kak, lebih baik kakak telepon tente.
Daniel    :      (mengangguk) Pah!.........Daniel telepon mamah ya, biar mamah pulang?
Sofyan   :      Jangan diberi tahu mamah kamu, biar saja mamah kamu merawat eyang kamu yang masih sakit.
Daniel    :      Tapi pah…….papah kan sakit.
Sofyan   :      Papah engga apa-apa, biar saja mamah mengurus eyang kamu.
Daniel    :      Iya….pah.
Mereka berjalan menuju kamar.

SC. 142
INT – Kamar Pak Sofyan – PAGI
TALENT: Daniel + Pak Sofyan + Ana
Pintu kamar terbuka masuk Daniel dan Ana masih memapah pak Sofyan, mereka meletakkan pak Sofyan di tempat tidur.
Ana        :      Ratih kemana kak?
Daniel    :      Mungkin masih di kamarnya?
Ana        :      Aku panggil Ratih dulu ya kak. Om, Ana panggil Ratih dulu ya?
Sofyan   :      Oh…….ya……An…….terimakasih ya sudah nolongin om.
Ana        :      Sama-sama om (Ana bergerak keluar).
Daniel    :      Pah……Daniel telepon dokter, biar papah diperiksa, Daniel takut kalau ada tulang papah yang retak.
Sofyan   :      Ya…….boleh.
Daniel mengeluarkan telepon genggamnya lalu menelepon dokter.

SC. 143
INT – Ruang Makan Rumah Daniel – PAGI
TALENT: Ratih + Ana
Di meja makan Ratih sedang menikmati sarapannya, tak lama datang Ana menyapa sambil duduk disebelahnya.
Ana        :      Rat……..aku cari ke kamar kamu engga ada ternyata kamu disini.
Ratih      :      Ayo sekalian sarapan An……..kak Rudi mana?
Ana        :      Belum datang Rat,……..Rat!........kamu jangan panik ya?
Ratih      :      Kenapa An……(Ratih kaget)?
Ana        :      Papah kamu!
Ratih      :      Kenapa papah An? (terlihat agak panik)
Ana        :      Tadi waktu aku baru datang, aku melihat papah kamu sudah jatuh sedang ditarik seseorang yang pake topeng, aku cepat menolong, tapi aku kalah, untung kak Daniel datang, mereka berantem (FLASH BACK) begitu Rat.
Ratih      :      Sekarang papah dimana An? (Ratih berdiri lalu pergi meninggalkan Ana yang ikut berdiri)
Ana        :      Di kamarnya Rat.
Ana pun ikut mengejar Ratih. CUT

SC. 144
INT – Kamar Pak Sofyan – PAGI
TALENT: Pak Sofyan + Daniel + Ratih + Ana
Di kamar Daniel masih berbincang-bincang dengan ayahnya yang terlihat sudah mulai membaik.
Sofyan   :      Kok belum datang juga dokternya, Niel kepala papah agak pusing sekarang.
Daniel    :      Papah tahan ya, sebentar lagi dokter datang.
Ratih dengan cemas datang langsung duduk didekat  pak Sofyan dan memeriksa pak Sofyan sambil membrondong pertanyaan, Daniel yang melihat Ratih panik, menenangkan Ratih, tak lama Ana masuk.
Daniel    :      Ratih tenang ya……papah engga apa-apa, cuma pusing sedikit, kakak sudah panggil dokter kesini, untuk periksa papah, sekalian periksa Ana.
Sofyan   :      Memangnya Ana kenapa Niel, kok pake diperiksa?
Ana        :      Ana engga apa-apa om, kak Daniel becanda om.
Daniel    :      Iya pah……Daniel becanda.
Sofyan   :      Oh…….papah kira Ana kena hantam juga.
Ratih      :      Kak, kok dokternya belum datang juga, mamah harus dikasih tahu nih.
Daniel    :      Jangan Rat, papah engga mau mamah jadi panik, tadi juga kakak mau telepon, tapi papah engga bolehin, menurut papah biar mamah ngerawat eyang dulu disana.
Ratih      :      Oh begitu…….ya sudah……..eh…….kak ada suara bel tuh, dokter kali?
Daniel    :      Kakak lihat dulu ya.
Daniel keluar meninggalkan kamar.

SC. 145
INT – Ruang Depan Rumah Daniel – PAGI
TALENT: Dokter + Daniel
Pintu yang masih tertutup, beberapa kali bel rumah berbunyi, Daniel datang lalu membuka pintu dokter masuk.
Dokter   :      Selamat pagi Niel?
Daniel    :      Selamat pagi Dok, mari duduk.
Dokter   :      Dimana ayah mu?
Daniel    :      Di kamarnya, mari saya antar dok.
Daniel mengantar dokter ke kamar ayahnya.

LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER (SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL)

PERTEMUAN KEDUA SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL  SMKN 1 CARIU Tahun Ajaran 2020/2021 "LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER"...