Sabtu, 08 November 2014

Tugas Public Speaking 1: TANTOWI YAHYA

Tokoh Publis Speaking yang dikagumi:

TANTOWI YAHYA




Tantowi Yahya lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 29 Oktober 1960. Ia adalah putra dari pasangan H.M. Yahya Matusin dan Hj. Komariah Yahya. Sejak kecil ia telah bercita-cita menjadi orang beken. Untuk mewujudkan itu, Tantowi pun tak segan berusaha keras. Sejak kelas 2 SMK, Tantowi belajar sambil mengajar bahasa Inggris di tempat dia kursus saat kelas 1 SMP.
Lulus SMK tahun 1979, Tantowi pindah ke Yogyakarta, kuliah D1 Akademi Perhotelan. Selanjutnya, Tantowi pindah ke Jakarta. Karier kerjanya diawali sebagai resepsionis di Hotel Borobudur Jakarta pada tahun 1982. Tahun 1984, dia pindah ke Hotel Hilton. Tahun 1987, Tantowi pindah ke perusahaan pita kaset BASF. Berkat usaha kerasnya, Tantowi menduduki jabatan Promotion Manager dalam waktu 2 tahun (1989).
Pada tahun 1994, bersamaan dengan keluarnya Tantowi dari BASF karena pabrik itu menutup produksi kasetnya, Tantowi sudah berkibar dengan usahanya di bawah PT Ciptadaya Prestasi yang bergerak di bidang rekaman, productions house (PH), artist management, promotion, dan event organizer (EO).
Kemampuannya membawakan acara langsung menempatkannya sebagai penghuni baru di ranah hiburan tanah air. Namanya meroket tatkala dirinya ditunjuk sebagai MC di acara kuis Who Wants to Be a Millionaire (2001-2006). Kerja keras Tantowi terbayar dengan diboyongnya penghargaan sebagai The Most Favourite Television Quiz Host dalam ajang Panasonic Awards 2003, 2004, 2005, dan 2009.
Pada tahun 2006, Tantowi mendirikan 'Tantowi Yahya Public Speaking School'. Sebuah lembaga pendidikan yang khusus untuk mengajarkan bagaimana seseorang dapat berbicara dengan baik di depan publik dan sebagai yayasan kerja sosial untuk berbagi kepada masyarakat. Selain sebagai pembawa acara, Tantowi juga seorang penyanyi country dan anggota komisi I DPR RI (2009-2014). Tantowi menilai bahwa kesuksesan yang telah diraihnya sejauh ini bukanlah dikarenakan gelar akademis atau kepandaiannya, melainkan melalui kemampuannya yang baik dalam menjalin hubungan dan komunikasi terhadap orang lain.
Alasan yang membuat saya mengagumi Tantowi Yahya adalah kemampuannya menguasai public speaking yang sangat baik. Sikapnya yang tenang dan memiliki rasa humor tetapi tetap serius ketika membawakan acara atau berbicara di depan publik menjadi menarik. Selain itu, ia juga memiliki wawasan yang sangat luas dan menguasai permasalahan ketika di depan publik, sehingga dapat menguasai audiens dan meyakinkan publik. Gerak tubuh, mimik dan gaya bahasa yang ia gunakan juga sangat meyakinkan audiens. Seperti saat ia membawakan acara kuis Who Wants to Be a Millionaire, pembawaannya sangat khas, serius tapi santai, menguasai materi dan dapat berinteraksi dengan peserta dan audiens dengan baik, sehingga acara tersebut pun sukses. Saat menjadi juru bicara partai pun pembawaannya sangat tenang dan meyakinkan.
Supaya saya dapat menjadi seorang public speaker seperti Tantowi Yahya, saya berusaha untuk mempelajari public speaking dengan baik dan berlatih bagaimana caranya berbicara di depan publik. Bersikap percaya diri ketika di depan publik terutama saat melakukan presentasi. Menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan orang lain, berusaha menjadi pendengar yang baik dan dapat mengerti audiens sehingga audiens dapat mengerti apa yang saya katakan. Berlatih menggunakan kata-kata yang baik dan benar sehingga saat berbicara di depan publik dapat meyakinkan audiens dan tidak berbelit-belit. Banyak membaca buku sehingga wawasan saya semakin luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saatnya berkomentar

LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER (SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL)

PERTEMUAN KEDUA SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL  SMKN 1 CARIU Tahun Ajaran 2020/2021 "LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER"...