Minggu, 09 November 2014

Tokoh: KARL MARK (PROSES PRODUKSI DAN TAHAP-TAHAP SEJARAH)


1.  Riwayat Hidup Singkat

Karl Marx, lahir pada tanggal 5 Mei 1818 di Trier, Jerman. Ayahnya seorang pengacara yang beberapa tahun sebelumnya pindah agama Yahudi menjadi Kristen Protestan. Perpindahan agama ayahnya yang begitu mudah diduga merupakan alasan mengapa Karl Marx tidak pernah tertarik dengan Agama.
Marx menjalani sekolah di rumah sampai ia berumur 13 tahun. Setelah lulus dari Gymnasium Trier, Marx melanjutkan pendidikan nya di Universitas Bonn jurusan hukum pada tahun 1835. Hukum merupakan ilmu yang digemari pada saat itu. Marx fokus pada filsafat. Masih semester dua, Marx sudah masuk kelompok diskusi paling ditakuti di kampus itu, Klub Para Doktor, dan menjadi anggota yang paling radikal.
Pada tahun 1841, Marx dipromosikan menjadi doktor dengan disertasi “The Difference between The Natural Philosophy of Democritus and Epicurus”. Kertas kerja dan pengantar disertasi ini secara jelas menunjukkan Marx sangat Hegelian, dan antiagama.
Pada tahun 1843, Marx menjadi pimpinan redaksi sebuah harian radikal, setahun kemudian harian itu dilarang terbit oleh pemerintah Prussia.
Marx menikah dengan Jenny Von Westphalen, putri seorang bangsawan, dan pindah ke Paris. Di sana ia tidak hanya berkenalan dengan Friedrich Engels (1820-1895) yang menjadi teman akrab dan “penerjemah” teori-teorinya melainkan juga dengan tokoh-tokoh sosialis Perancis.
Pada tahun 1849, Marx pindah ke London, dan karena kegagalan revolusi politiknya pada tahun 1848, ia mulai menarik diri dari aktivitas revolusioner lalu beralih ke penelitian yang lebih serius dan terperinci tentang bekerjanya sistem kapitalis.
Pada tanggal 14 Maret 1883, Marx meninggal dunia dikarenakan oleh sakit yang dideritanya.

2.  Karya – karya
Karl marx menulis banyak buku dan artikel. Yang terpenting diantaranya :
a.       Theses on feuerbach (1845) tentang materialisme Feuerbach.
b.      The holy family (1845) tentang kritik krisis sebagai penjual-misteri atau kritik krisis dalam person Herr Szeliga, dan hari kiamat yang kritis.
c.       The poverty of philosophy (1847) tentang kritik atas pandangan-pandangan Proudhon yang secara serius mengganggu penyebar-luasan komunisme ilmiah di kalangan kaum buruh.
d.      Communist Manifesto (1848) tentang  prinsip – prinsip manifesto komunis dan tujuan manifesto komunis.
e.       Das capital vol 1 (1867) tentang analisis kritis terhadap kapitalisme dan aplikasi praktisnya dalam       ekonomi.


3.  Pemikiran / Ajaran
a.  Proses produksi
Dasar empiris Teori Sosial
Dalam menanggapi idealisme Hegelian Muda, Marx menawarkan alternatif lain yaitu tiga tempat dalam membimbing formulasi sendiri secara teoritis, diantaranya:
1.     Teori sosial harus didasarkan pada eksistensi individu manusia yang hidup yang harus bertahan hidup.
2.     Bahwasannya yang membedakan diri mereka dari hewan yaitu karena mereka dapat memanipulasi dan mengubah lingkungan mereka dalam rangka untuk mendapatkan pemuasan kebutuhan. Mereka juga mulai menghasilkan, hal ini menunjukan mereka subsisten, mempunyai langkah yang dihasilkan dari pengorganisasian fisik mereka. Ide ini menyiratkan bahwa orang yang "sadar" Itu adalah mereka yang reflektif diri dan rasional. Implikasinya yaitu mereka  dapat mencerminkan pada diri dan situasi mereka sendiri. Dan sebagai hasilnya, mereka mampu menilai posisi mereka dalam masyarakat dan bertindak dalam hal kepentingan mereka sendiri.
3.     Kesadaran muncul dari keberadaan manusia. Argumen ini secara langsung bertentangan dengan idealisme Jerman di mana ide-ide tentang moralitas, agama, dan berbagai bentuk kesadaran dianggap memiliki eksistensi yang independen dari manusia. Sebaliknya Marx menegaskan bahwa orang menghasilkan ide-ide mereka dan konsepsi dunia dalam terang struktur sosial di mana mereka lahir, dibesarkan dan hidup, dan interpretasi bahwa orang itu didasarkan pada fakta material. Selanjutnya, struktur-struktur sosial berkembang, bentuk-bentuk perubahan kesadaran orang histori. Bagi Marx, pikiran bukanlah wadah pasif melainkan aktif, dan mendapat respon dengan, dan bertindak atas apa yang ada di muka bumi.
Organisasi Produksi

Berdasarkan premis-premis metodologis dan ontologis, Marx kemudian mencoba mengarahkan arah analisis proses nyata produksi dengan berfokus pada cara orang yang benar-benar telah mengorganisasikan diri sepanjang sejarah, baik dalam hubungan sosial maupun dalam hubungan dengan lingkungan fisik.
Menurut Marx ada tiga karakteristik penting yang menyatakan bahwa semua masyarakat memiliki kesamaan, yaitu:
1.     Bahwa orang harus menghasilkan rezeki dari lingkungan fisik mereka untuk hidup dan dengan demikian mereka dapat dikatakan membuat sejarah.
2.     Bahwa orang selalu menciptakan kebutuhan baru. Proses penciptaan kebutuhan tidak hanya melibatkan keinginan untuk meningkatkan makanan, pakaian, dan tempat tinggal, tetapi juga untuk berbagai fasilitas kehidupan. Alasan dibalik penciptaan-kebutuhan adalah bahwa produksi selalu melibatkan penggunaan alat-alat atau instrumen dari berbagai macam yang secara berkala terus ditingkatkan yang artinya proses produksi dan konsumsi pakan akan kembali pada satu sama lain dalam cara kumulatif. Dengan begitu akan terciptalah kemajuan pada masyarakat tersebut.
3.     Produksi itu termasuk reproduksi manusia yang terjadi dalam konteks koperasi, maksudnya orang membagi tugas yang perlu dilakukan. Menurut Marx dalam masyarakat yang sering bekerja, kebanyakan mereka dipaksa atau dieksploitasi untuk kepentingan segelintir orang. Disini Marx menekankan dalam suatu masyarakat selalu ada persaingan antar orang, karenanya terjadi konflik antara kepentingan individu dan kepentingan-kepentingan komunal yang tak terelakan. Dalam konteks ini, kata mengenai keterasingan mengambil bentuk pembalikan fantastis, dimana orang merasa diri mereka secara bebas aktif. Artinya usaha tidak hanya dilakukan untuk sekedar memenuhi kebutuhan makan, minum, dan berprokreasi melainkan yang paling penting bagi mereka adalah pekerjaan mereka, mereka tidak lagi merasa manusia karena mereka tidak mengontrol proses maupun hasilnya. Dengan demikian, Marx menyimpulkan bahwasannya dalam kapitalisme orang berlaku seperti hewan.

b.      Tahap - tahap Sejarah
Metode untuk mempelajari Pola Sejarah
Untuk mempelajari pola sejarah, Marx menggunakan metode materialisme dialektik. Eksposisi dalam ideologi Jerman adalah sebuah contoh awal dari materialisme dialektis. Materialisme dialektik  adalah cara menjelaskan bagaimana struktur sosial memberikan keuntungan untuk satu kelompok menjadi sejarah usang dan digantikan oleh struktur yang memberikan keuntungan untuk kelompok lain. Karakteristik penting dari analisis dialektis Marx seperti yang diterapkan pada sejarah, khususnya penjelasannya tentang transisi (masa perpindahan) sejarah dari masyarakat feodal ke masyarakat kapitalis. Mekanisme yang mendasari analisis sejarah dialektis Marx adalah munculnya penentangan kepentingan di dalam suatu populasi dan konflik kelas berdasarkan oposisi itu. Sementara analisis adalah samar dalam ideologi jerman, sejarah dapat ditafsirkan secara dialektis dan dapat diuraikan dengan cara berikut.
Dalam setiap sistem sosial terdapat hal yang mengenai cara memproduksi, baik dalam hal apa yang diproduksi dan organisasi sosial yang memproduksi.

Dalam jangka panjang, ketegangan antara kelas-kelas yang bertentangan meletus menjadi konflik revolusioner, seperti yang digambarkan dalam analisis Marx tentang transisi dari feodalisme ke kapitalisme.
Selama abad pertengahan timbulah dua divisi besar dalam masyarakat, yaitu:
1.      Divisi besar pertama terjadi antara kota dan desa.
2.      Divisi besar kedua terjadi dalam kota sendiri, dengan formasi guild (serikat buruh). Marx bersikeras mengungkapkan gagasannya yang menyatakan bahwa serikat dirancang untuk mengekang kompetisi serta tenaga kerja yang diatur dan terkontrol. Artinya, mereka dilindungi oleh properti yang baru di bentuk dalam perkotaan. Dan dalam hal ini Marx tampaknya benar. Marx datang secara terpisah ke kota-kota dan menemukan sebuah komunitas yang terorganisir yang mempunyai kekusaan dimana kelompok lain dalam hal ini rakyat jelata harus tunduk pada komunitas tersebut. Selain itu mereka(rakyat jelata) tidak bisa menyediakan kebutuhan mereka sendiri tanpa bekerja pada anggota serikat atau kapitalis yang baru lahir.
Menurut Marx, perpanjangan berikutnya dari pembagian kerja adalah pemisahan produksi dan perdagangan. Yaitu bahwa kelas khusus saudagar yang terbentuk adalah sebagai konsekuensi, komunikasi dan kontak antar kota yang dianggap lebih penting seperti membeli dan menjual yang meningkat dalam volume. Kota mulai berinteraksi satu sama lain, mulai mengkhususkan diri dalam memproduksi produk tertentu dan secara bertahap hambatan tradisional untuk perdaganganpun dipecah. 
Munculnya kelas Borjuis
Seiring waktu, dengan bertahap naiknya modal sebagai bentuk dominan dari properti, kelas borjuispun muncul. Kelas borjuis dibentuk oleh pedagang individu dan produsen di kota-kota yang berbeda yang diakui kepentingannya dan mulai dikenal dikalangan lain.
Dalam pandangan Marx, kekuatan yang baru lahir adalah produktif kapitalis (alat-alat yang digunakan dalam organisasi sosial produksi)  yang terdapat di kebanyakan tempat.
Manufaktur adalah tahap berikutnya dalam transformasi masyarakat barat, muncul sebagai salah satu konsekuensi dari divisi kerja antara kota dan pengembangan perdagangan. konsentrasi penduduk di daerah perkotaan, ketersediaan modal mobile dalam bentuk tunai, dan keberadaan mesin canggih dikombinasikan untuk memungkinkan manufaktur dikembangkan. 
Tekstil industri merupakan manufaktur besar yang pertama. Sebagai hasilnya, ribuan gelandangan yang disebakan oleh runtuhnya sistem feodal secara bertahap diserap oleh industri yang sedang berkembang. munculnya manufaktur memiliki signifikansi politik yang besar. Marx percaya, karena perdagangan harus dilindungi dan tenaga kerja harus diatur sehingga orang bisa memperoleh fasilitas baru yang tersedia dan keuntungan bisa diciptakan. Serikat tidak dapat melakukan tugas ini, dan karenanya mereka menolak di semua daerah dikembangakan manufaktur.
Industri besar pasti muncul dan menyelesaikan transformasi masyarakat. Menurut marx, industri besar didasarkan pada keberadaan sebuah kelas proletar yang sepenuhnya tergantung pada pasar dunia, komunikasi di seluruh dunia, modal ponsel yang beredar bebas dan cepat, serta negara modern yang beroperasi untuk melindungi milik pribadi.
Dalam analisis Marx, industrialisasi memiliki dua konsekuensi yang saling terkait, yaitu:
1.      Pengasingan kerja, karena dengan industrialisasi semua "hubungan alam" dengan orang lain yang didasarkan pada hubungan pribadi dan patrialkal diubah menjadi "hubungan uang". Ini terjadi dikarenakan industri membuat penggunaan kedua sistem otomatis oleh mesin yang terkait dengan bentuk-bentuk baru seperti uap. Akibatnya manusia menjadi tergantung pada mesin-mesin di mana mereka kerja keras dan harus menyesuaikan kebutuhan mereka baik biologis dan sosial.
2.      Konsekuensi kedua mengacu kepada konsekuensi pertama dan keduanya saling berkaitan.
Kelas revolusioner dibuat setelah kelas proletar yang terdapat di semua negara dan memiliki kepentingan yang sama dengan kebangsaan yang sudah mati. Kelas revolusioner benar-benar menyingkirkan semua pandangan tentang dunia lama. Dengan demikian, deskripsi Marx tentang transisi dari feodalisme ke kapitalisme menekankan antara baru dan lama seperti munculnya kapitalisme yang menciptakan tekanan-tekanan baru bagi transformasi sosial. Marx berharap kapitalisme akan digantikan oleh komunisme. Meski begitu Marx menyadari bahwa itu akan tidak bijaksana untuk mempredeksi sifat masyarakat setelah datangnya revolusi komunis.
Beberapa pengamatan Marx berdasarkan petunjuk yang ditemukan di bagian akhir dari ideologi jerman, yaitu:
1.      Di mata Marx, komunisme merupakan upaya sistematis oleh orang-orang untuk mengubah kolektif hubungan mereka dengan satu sama lain sehingga mereka dapat bertindak kooperatif daripada individual.
2.      Revolusi komunis itu akan membawa dampak baik yaitu dengan penghapusan milik pribadi dan akhir dari keterasingan. Sampai saat ini, orang telah terabaikan karena pekerjaan mereka dan semua aspek lain dari kehidupan mereka yang ditentukan oleh kekuatan eksternal yang  tak terkontrol. Tetapi di bawah komunisme, masyarakat atau proletatians menempatkan kondisi perkembangan bebas dan individu diberi kelelusaan untuk mengubah, mengontrol kondisi mereka yang sebelumnya ditinggalkan untuk kesempatan dan telah memenangkan eksistensi independen terhadap individu yang terpisah.
Fokus dari teori sosial Marx adalah orang consious yang memanipulasi dan mengubah lingkungan fisik tidak hanya dalam rangka untuk mendapatkan rezeki bagi diri mereka sendiri tetapi juga untuk mengekspresikan kualitas unik bagi mereka sebagai manusia. Karena orang melakukan hal ini, mereka memiliki sejarah dan arah yang dapat dipahami oleh orang lain.
Pemahaman yang benar tentang sejarah hanya dapat terjadi ketika hubungan sosial yang sebenarnya pada orang benar-benar diamati , dan ketika mereka diperiksa, maka akan menemukan bahwa kebanyakan orang telah terabaikan.  


Marx menyimpulkan Ideologi Jerman dengan singkat ,sketsa sejarah transformasi dari feodalisme ke kapitalisme dan secara tentatif serta menyarankan beberapa karakteristik dari masyarakat komunis yang akan datang.


Sumber:

Turner, Jonathan/ Beeghley, Leonard. 1981. The Emergence of  Sociological Theory

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saatnya berkomentar

LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER (SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL)

PERTEMUAN KEDUA SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL  SMKN 1 CARIU Tahun Ajaran 2020/2021 "LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER"...