Karl Marx, lahir pada tanggal 5
Mei 1818 di Trier, Jerman. Ayahnya seorang pengacara yang beberapa tahun
sebelumnya pindah agama Yahudi menjadi Kristen Protestan. Perpindahan agama
ayahnya yang begitu mudah diduga merupakan alasan mengapa Karl Marx tidak
pernah tertarik dengan Agama.
Marx menjalani sekolah di rumah sampai ia berumur 13 tahun. Setelah lulus
dari Gymnasium Trier, Marx melanjutkan
pendidikan nya di Universitas Bonn jurusan hukum pada tahun 1835. Hukum merupakan ilmu yang digemari pada saat
itu. Marx fokus pada filsafat. Masih semester dua, Marx sudah masuk kelompok
diskusi paling ditakuti di kampus itu, Klub Para Doktor, dan menjadi anggota
yang paling radikal.
Pada tahun 1841, Marx dipromosikan
menjadi doktor dengan disertasi “The Difference between The Natural
Philosophy of Democritus and Epicurus”. Kertas kerja dan pengantar
disertasi ini secara jelas menunjukkan Marx sangat Hegelian, dan antiagama.
Pada tahun 1843, Marx menjadi
pimpinan redaksi sebuah harian radikal, setahun kemudian harian itu dilarang terbit
oleh pemerintah Prussia.
Marx menikah dengan Jenny Von
Westphalen, putri seorang bangsawan, dan pindah ke Paris. Di sana ia tidak
hanya berkenalan dengan Friedrich Engels (1820-1895) yang menjadi teman akrab
dan “penerjemah” teori-teorinya melainkan juga dengan tokoh-tokoh sosialis
Perancis.
Pada tahun 1849, Marx pindah ke London, dan karena
kegagalan revolusi politiknya pada tahun 1848, ia mulai menarik diri dari aktivitas revolusioner
lalu beralih ke penelitian yang lebih serius dan terperinci
tentang bekerjanya sistem kapitalis.
Pada tanggal 14 Maret 1883, Marx
meninggal dunia dikarenakan oleh sakit yang dideritanya.
2. Karya – karya
Karl marx menulis banyak buku dan artikel. Yang terpenting diantaranya :
a. Theses on feuerbach (1845)
tentang materialisme Feuerbach.
b. The holy family (1845) tentang
kritik krisis sebagai penjual-misteri atau kritik krisis dalam person Herr
Szeliga, dan hari kiamat yang kritis.
c.
The poverty of
philosophy (1847) tentang
kritik atas pandangan-pandangan Proudhon yang secara
serius mengganggu penyebar-luasan komunisme ilmiah di kalangan kaum buruh.
d. Communist Manifesto (1848) tentang prinsip – prinsip manifesto komunis dan
tujuan manifesto komunis.
e. Das capital vol 1 (1867)
tentang analisis kritis terhadap kapitalisme dan aplikasi praktisnya dalam
ekonomi.
3. Pemikiran / Ajaran
a. Proses produksi
Dasar empiris Teori Sosial
Dalam menanggapi
idealisme Hegelian Muda, Marx menawarkan alternatif lain yaitu tiga tempat
dalam membimbing formulasi sendiri secara teoritis, diantaranya:
1. Teori sosial harus didasarkan pada eksistensi individu
manusia yang hidup yang harus bertahan hidup.
2. Bahwasannya yang membedakan diri mereka dari hewan
yaitu karena mereka dapat memanipulasi dan mengubah lingkungan mereka dalam
rangka untuk mendapatkan pemuasan kebutuhan. Mereka juga mulai menghasilkan,
hal ini menunjukan mereka subsisten, mempunyai langkah yang dihasilkan dari
pengorganisasian fisik mereka. Ide ini menyiratkan bahwa orang yang
"sadar" Itu adalah mereka yang reflektif diri dan rasional.
Implikasinya yaitu mereka dapat
mencerminkan pada diri dan situasi mereka sendiri. Dan sebagai hasilnya, mereka
mampu menilai posisi mereka dalam masyarakat dan bertindak dalam hal
kepentingan mereka sendiri.
3. Kesadaran muncul dari keberadaan manusia. Argumen ini
secara langsung bertentangan dengan idealisme Jerman di mana ide-ide tentang
moralitas, agama, dan berbagai bentuk kesadaran dianggap memiliki eksistensi
yang independen dari manusia. Sebaliknya Marx menegaskan bahwa orang
menghasilkan ide-ide mereka dan konsepsi dunia dalam terang struktur sosial di
mana mereka lahir, dibesarkan dan hidup, dan interpretasi bahwa orang itu
didasarkan pada fakta material. Selanjutnya, struktur-struktur sosial
berkembang, bentuk-bentuk perubahan kesadaran orang histori. Bagi Marx, pikiran
bukanlah wadah pasif melainkan aktif, dan mendapat respon dengan, dan bertindak
atas apa yang ada di muka bumi.
Organisasi Produksi
Berdasarkan
premis-premis metodologis dan ontologis, Marx kemudian mencoba mengarahkan arah
analisis proses nyata produksi dengan berfokus pada cara orang yang benar-benar
telah mengorganisasikan diri sepanjang sejarah, baik dalam hubungan sosial maupun
dalam hubungan dengan lingkungan fisik.
Menurut Marx ada tiga karakteristik penting yang menyatakan bahwa
semua masyarakat memiliki kesamaan, yaitu:
1.
Bahwa orang harus menghasilkan rezeki dari lingkungan fisik
mereka untuk hidup dan dengan demikian mereka dapat dikatakan membuat sejarah.
2. Bahwa orang selalu menciptakan kebutuhan baru. Proses penciptaan kebutuhan tidak
hanya melibatkan keinginan untuk meningkatkan makanan, pakaian, dan tempat
tinggal, tetapi juga untuk berbagai fasilitas kehidupan. Alasan dibalik
penciptaan-kebutuhan adalah bahwa produksi selalu melibatkan penggunaan
alat-alat atau instrumen dari berbagai macam yang secara berkala terus
ditingkatkan yang artinya proses produksi dan konsumsi pakan akan kembali pada
satu sama lain dalam cara kumulatif. Dengan begitu akan terciptalah kemajuan
pada masyarakat tersebut.
3.
Produksi itu termasuk reproduksi manusia yang terjadi
dalam konteks koperasi, maksudnya orang membagi tugas yang perlu dilakukan. Menurut
Marx dalam masyarakat yang
sering bekerja, kebanyakan mereka dipaksa atau dieksploitasi untuk kepentingan
segelintir orang. Disini Marx menekankan dalam suatu masyarakat selalu ada
persaingan antar orang, karenanya terjadi konflik antara kepentingan individu
dan kepentingan-kepentingan komunal yang tak terelakan. Dalam konteks ini, kata
mengenai keterasingan mengambil bentuk pembalikan fantastis, dimana orang
merasa diri mereka secara bebas aktif. Artinya usaha tidak hanya dilakukan
untuk sekedar memenuhi kebutuhan makan, minum, dan berprokreasi melainkan yang
paling penting bagi mereka adalah pekerjaan mereka, mereka tidak lagi merasa
manusia karena mereka tidak mengontrol proses maupun hasilnya. Dengan demikian,
Marx menyimpulkan bahwasannya dalam kapitalisme orang berlaku seperti hewan.
b. Tahap - tahap Sejarah
Metode
untuk mempelajari Pola Sejarah
Untuk mempelajari pola sejarah, Marx
menggunakan metode materialisme dialektik. Eksposisi dalam ideologi Jerman
adalah sebuah contoh awal dari materialisme dialektis. Materialisme
dialektik adalah cara menjelaskan
bagaimana struktur sosial memberikan keuntungan untuk satu kelompok menjadi
sejarah usang dan digantikan oleh struktur yang memberikan keuntungan untuk
kelompok lain. Karakteristik penting dari analisis dialektis Marx seperti yang
diterapkan pada sejarah, khususnya penjelasannya tentang transisi (masa
perpindahan) sejarah dari masyarakat feodal ke masyarakat kapitalis. Mekanisme
yang mendasari analisis sejarah dialektis Marx adalah munculnya penentangan
kepentingan di dalam suatu populasi dan konflik kelas berdasarkan oposisi
itu. Sementara analisis adalah samar dalam ideologi jerman, sejarah dapat
ditafsirkan secara dialektis dan dapat diuraikan dengan cara berikut.
Dalam setiap sistem sosial terdapat hal yang
mengenai cara memproduksi, baik dalam hal apa yang diproduksi dan organisasi
sosial yang memproduksi.
Dalam jangka panjang, ketegangan antara
kelas-kelas yang bertentangan meletus menjadi konflik revolusioner, seperti
yang digambarkan dalam analisis Marx tentang transisi dari feodalisme ke
kapitalisme.
Selama abad pertengahan timbulah dua divisi besar dalam masyarakat, yaitu:
1. Divisi
besar pertama terjadi antara kota dan desa.
2. Divisi
besar kedua terjadi dalam kota sendiri, dengan formasi guild (serikat buruh).
Marx bersikeras mengungkapkan gagasannya yang
menyatakan bahwa serikat dirancang untuk mengekang kompetisi serta tenaga kerja
yang diatur dan terkontrol. Artinya, mereka dilindungi oleh properti yang baru
di bentuk dalam perkotaan. Dan dalam hal ini Marx tampaknya benar. Marx datang
secara terpisah ke kota-kota dan menemukan sebuah komunitas yang terorganisir
yang mempunyai kekusaan dimana kelompok lain dalam hal ini rakyat jelata harus
tunduk pada komunitas tersebut. Selain itu mereka(rakyat jelata) tidak bisa
menyediakan kebutuhan mereka sendiri tanpa bekerja pada anggota serikat atau
kapitalis yang baru lahir.
Menurut Marx, perpanjangan berikutnya dari
pembagian kerja adalah pemisahan produksi dan perdagangan. Yaitu bahwa kelas
khusus saudagar yang terbentuk adalah sebagai konsekuensi, komunikasi dan
kontak antar kota yang dianggap lebih penting seperti membeli dan menjual yang
meningkat dalam volume. Kota mulai berinteraksi satu sama lain, mulai
mengkhususkan diri dalam memproduksi produk tertentu dan secara bertahap
hambatan tradisional untuk perdaganganpun dipecah.
Munculnya kelas Borjuis
Seiring waktu, dengan bertahap naiknya modal
sebagai bentuk dominan dari properti, kelas borjuispun muncul. Kelas borjuis
dibentuk oleh pedagang individu dan produsen di kota-kota yang berbeda yang
diakui kepentingannya dan mulai dikenal dikalangan lain.
Dalam pandangan Marx, kekuatan yang baru lahir
adalah produktif kapitalis (alat-alat yang digunakan dalam organisasi sosial
produksi) yang terdapat di kebanyakan
tempat.
Manufaktur adalah tahap berikutnya dalam
transformasi masyarakat barat, muncul sebagai salah satu konsekuensi dari
divisi kerja antara kota dan pengembangan perdagangan. konsentrasi penduduk di
daerah perkotaan, ketersediaan modal mobile dalam bentuk tunai, dan keberadaan
mesin canggih dikombinasikan untuk memungkinkan manufaktur dikembangkan.
Tekstil industri merupakan manufaktur besar
yang pertama. Sebagai hasilnya, ribuan gelandangan yang disebakan oleh
runtuhnya sistem feodal secara bertahap diserap oleh industri yang sedang
berkembang. munculnya manufaktur memiliki signifikansi politik yang besar.
Marx percaya, karena perdagangan harus dilindungi dan tenaga kerja harus diatur
sehingga orang bisa memperoleh fasilitas baru yang tersedia dan keuntungan bisa
diciptakan. Serikat tidak dapat melakukan tugas ini, dan karenanya mereka
menolak di semua daerah dikembangakan manufaktur.
Industri besar pasti muncul dan menyelesaikan
transformasi masyarakat. Menurut marx, industri besar didasarkan pada
keberadaan sebuah kelas proletar yang sepenuhnya tergantung pada pasar dunia,
komunikasi di seluruh dunia, modal ponsel yang beredar bebas dan cepat, serta
negara modern yang beroperasi untuk melindungi milik pribadi.
Dalam analisis Marx, industrialisasi memiliki
dua konsekuensi yang saling terkait, yaitu:
1. Pengasingan
kerja, karena dengan industrialisasi semua "hubungan alam" dengan
orang lain yang didasarkan pada hubungan pribadi dan patrialkal diubah menjadi
"hubungan uang". Ini terjadi dikarenakan industri membuat penggunaan
kedua sistem otomatis oleh mesin yang terkait dengan bentuk-bentuk baru
seperti uap. Akibatnya manusia menjadi tergantung pada mesin-mesin di mana
mereka kerja keras dan harus menyesuaikan kebutuhan mereka baik biologis dan
sosial.
2. Konsekuensi
kedua mengacu kepada konsekuensi pertama dan keduanya saling berkaitan.
Kelas revolusioner dibuat setelah kelas
proletar yang terdapat di semua negara dan memiliki kepentingan yang sama
dengan kebangsaan yang sudah mati. Kelas revolusioner benar-benar menyingkirkan
semua pandangan tentang dunia lama. Dengan demikian, deskripsi Marx tentang
transisi dari feodalisme ke kapitalisme menekankan antara baru dan lama seperti
munculnya kapitalisme yang menciptakan tekanan-tekanan baru bagi transformasi
sosial. Marx berharap kapitalisme akan digantikan oleh komunisme. Meski begitu
Marx menyadari bahwa itu akan tidak bijaksana untuk mempredeksi sifat
masyarakat setelah datangnya revolusi komunis.
Beberapa pengamatan Marx berdasarkan petunjuk
yang ditemukan di bagian akhir dari ideologi jerman, yaitu:
1. Di mata
Marx, komunisme merupakan upaya sistematis oleh orang-orang untuk mengubah
kolektif hubungan mereka dengan satu sama lain sehingga mereka dapat bertindak
kooperatif daripada individual.
2. Revolusi
komunis itu akan membawa dampak baik yaitu dengan penghapusan milik pribadi dan
akhir dari keterasingan. Sampai saat ini, orang telah terabaikan karena
pekerjaan mereka dan semua aspek lain dari kehidupan mereka yang ditentukan
oleh kekuatan eksternal yang tak
terkontrol. Tetapi di bawah komunisme, masyarakat atau proletatians
menempatkan kondisi perkembangan bebas dan individu diberi kelelusaan untuk
mengubah, mengontrol kondisi mereka yang sebelumnya ditinggalkan untuk
kesempatan dan telah memenangkan eksistensi independen terhadap individu yang
terpisah.
Fokus dari teori sosial Marx adalah orang consious
yang memanipulasi dan mengubah lingkungan fisik tidak hanya dalam rangka untuk
mendapatkan rezeki bagi diri mereka sendiri tetapi juga untuk mengekspresikan
kualitas unik bagi mereka sebagai manusia. Karena orang melakukan hal ini,
mereka memiliki sejarah dan arah yang dapat dipahami oleh orang lain.
Pemahaman yang benar tentang sejarah hanya
dapat terjadi ketika hubungan sosial yang sebenarnya pada orang benar-benar
diamati , dan ketika mereka diperiksa, maka akan menemukan bahwa kebanyakan
orang telah terabaikan.
Marx
menyimpulkan Ideologi Jerman dengan singkat ,sketsa sejarah transformasi dari
feodalisme ke kapitalisme dan secara tentatif serta menyarankan beberapa
karakteristik dari masyarakat komunis yang akan datang.
Sumber:
Turner,
Jonathan/ Beeghley, Leonard. 1981. The Emergence of Sociological Theory
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
saatnya berkomentar