Sabtu, 21 April 2012

Keunggulan Java

Keunggulan Bahasa Pemrograman Java
Oleh : Eka Lasmawati (FIKOM)

Java merupakan pemrograman yang menanjak popularitasnya pada masa sekarang. Selain gratis, java mudah didapatkan dan juga tangguh. Java sendiri lahir pada tahun 1991 yang diprakarsai oleh tim Sun melalui proyek bernama green yang dipimpin oleh James Gosling.
Java merupakan fitur-fitur dari bahasa  pemrograman yang lain, dimana fitur itu dianggap merupakan suatu kelebihan oleh tim sun. Misalnya JVM/JRE yang merupakan mesin maya pada bahasa pascal, sintaks, dan Exception Handling diambil dari C/C++ dan lain sebagainya.
Java Virtual Machine (JVM) atau Java Runtime Environment (JRE) merupakan fitur Java yang membuatnya dapat berjalan pada semua platform sistem operasi. Apabila anda membuat Java pada Windows, anda dapat menjalankannya pada sistem operasi Linux, Mc OS, dll.
Dibanding bahasa pemrograman lain, Java mempunyai beberapa kelebihan yang membuatnya dipakai luas di seluruh dunia terutama aplikasi enterprise. Java bahkan diprediksi menjadi bahasa masa depan. Java telah banyak di ajarkan secara luas oleh perusahaan dan lembaga berskala internasional, seperti IBM dan NASA.

Beberapa keunggulan Java, antara lain:
1)        Relatif Mudah Dipelajari
Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (Object Orientid Programming) yang mudah dipelajari, terutama bagi yang sudah familiar dengan bahasa C, C++, atau C#.
Java meningkatkan pemrograman objek pada C++ dengan menghilangkan pointer pada tipe data biasa dan multiple inheritance. Java juga menggunakan pengalokasian memori secara otomatis termasuk menerapkan gerbage collection.
2)        Sederhana
Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaks mirip C++, namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
3)        Berorientasi objek
Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
4)        Dapat didistribusi dengan mudah
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.
5)        Interpreter
Program Javaa dijalankan menggunakan interpreter, yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
6)        Robust
Java mempunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.
7)        Aman
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
8)        Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.
9)        Potabel
Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.
10)    Performance
Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditinggalkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Insprise, Microsoft, ataupun Symantec yang menggunakan Just in time compilers (JIT).
11)    Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
12)    Dinamis
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapaat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.
13)    Mudah Dikembangkan
Dengan pemrograman berorientasi objek, komponen program java terpecah menjadi satu atau beberapa class. Pengembangan bahasa java sangat mudah karena tinggal mengubah atau menambah class yang pernah dibuat. Selain itu, kita juga dapat menggunakan class-class yang sudah ada dalam Java API ataupun dibuat oleh pihak ketiga.
14)    Platform Independent
Dengan semboyan write once run everywhere, Anda dapat menggunakan program Java pada beberapa mesin yang berbeda. Mulai dari PDA, handphone, komputer, hingga server. Asalkan sudah mendukung Java Platform. Misalnya program Java dapat dijalankan pada PC Windows, PC Linux, dan Apple Mac OS.



Sumber :
Andi. 2010. Pengembangkan aplikasi berbasis JavaDB dengan Netbeans. Wahana Komputer. Semarang.
Hakim, Rachmad & Sutarto. 2009. Mastering Java. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saatnya berkomentar

LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER (SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL)

PERTEMUAN KEDUA SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL  SMKN 1 CARIU Tahun Ajaran 2020/2021 "LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER"...